Cara Mengatasi Malas Belajar - NIKAMI
  • Jelajahi

    Copyright © NIKAMI

    Menu Atas

    Mengatasi malas belajar adalah hal yang penting untuk di lakukan jika Anda ingin memperolah sebuah kesuksesan dalam belajar. Seseorang yang mampu mengatasi rasa malas sama halnya menyembuhkan sebuah penyakit kronis yang berbahaya.

    Cara Mengatasi Malas Belajar

    Kenapa malas di katakan sebagai penyakit kronis, karena malas ini adalah sikap mental yang akan selalau menggerogoti jiwa dan pikiran, menumpulkan logika berpikir dan membunuh kreativitas. Bisa di bayangkan bagaimana jadinya jika hal itu terjadi.

    Faktor yang menyebabkan rasa malas


    Hal penting yang harus di sadari, seseorang yang suka malas belajar tentu ada sebabnya. Karena itu kita harus cermat untuk menelaah faktor-faktor dominan yang menyebabkan timbulnya rasa malas dan kesulitan belajar. Faktor-faktor yang menimbulkan rasa malas antara lain:

    1. Tidak adanya minat, motivasi dan perhatian
    2. Cara belajar yang tidak efektif
    3. Banyak masalah yang di hadapi
    4. Suasana lingkungan yang tidak kondusif
    5. Kesulitan menyesuaikan
    6. Pola asuh orang tua

    Cara Mengatasi Malas Belajar


    Cara Mengatasi Malas Belajar

    Jika di lihat dari faktor yang menyebabkan timbulnya malas belajar, maka cara mengtasi rasa malas ini bisa bermacam-macam sesuai dengan sumber penyebab rasa malas tersebut. Namun secara umum yang dapat di lakukan oleh seseorang dalam mengatasi rasa malas belajar adalah sebagai berikut:

    1. miningkatkan minat, motivasi dan perhatian
    2. Merubah cara belajar menjadi lebih menyenangkan
    3. Menyeleaikan permasalah yang di hadapi dengan segera
    4. Meningkatkan kemampuan menyesuaikan diri dengan lingkungan yang ada
    5. Membangun hubungan komunikasi positif dengan orang tua

    Hal-hal di atas jika di jabarkan akan sangat luas sekali, namun inti dari semua hal di atas hanya satu action. Untuk mengatasi rasa malas belajar yaitu dengan melawannya dengan action meskipun awalnya akan sangat berat tapi jika di lakukan dengan sungguh dan komitmen yang tinggi maka rasa malas akan dapat diperangi.
    Please write your comments

    Subscribe Our Newsletter